Ini Ia Contoh Hidup Sehat Periode Pandemi Yang Mesti Anda Kerjakan

tidak hanya sekarang saja anda harus menerapkan  Ini Dia Pola Hidup Sehat Masa Pandemi Yang Harus Anda Lakukan

Sebenarnya, tidak cuma sekarang saja anda mesti menerapkan pola hidup sehat ini. Hanya saja, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, tentu anda mesti sungguh-sungguh mempertahankan kesehatan badan. Bukankah pepatah menyampaikan "menangkal lebih baik dari pada mengobati?". Dan, ternyata pernyataan tersebut benar adanya. Dengan meningkatnya angka kasus akibat virus ini, belum lagi korban meninggal yang makin berjatuhan. Pihak rumah sakit sendiri telah sungguh kewalahan untuk menangani pasien yang senantiasa datang tersebut. Untuk itu, anda diharapkan lebih mawas diri dan cendekia menjaga kesehatan badan. Caranya sangat mudah, ikuti saja acuan hidup sehat yang akan dijabarkan di bawah ini.

Istirahat Yang Cukup

Jika anda capek dan tidak mempunyai cukup waktu untuk beristirahat, maka imunitas akan menurun. Apa yang mau terjadi jikalau imunitas menurun? Tentu saja anda akan lebih terjangkit banyak penyakit. Termasuk juga dengan serangan virus ini. Padahal, imunitas yang baik sungguh kita butuhkan dikala ini. Lantas, bagaimana hukum istirahat yang cukup ini? Pastikan anda mendapatkan tidur di malam hari minimal 5 sampai 7 jam setiap harinya. Namun, bagaimana kalau anda harus bekerja dikala malam hari? Sebenarnya, bekerja dikala malam hari bukanlah opsi yang bagus. Sebab, terlalu sering begadang akan mengakibatkan banyak penyakit. Namun, sebagian besar karyawan tidak bisa menolak kebijakan jam kerja ini. Dan, jika anda salah satunya, maka anda juga mesti tetap beristirahat di siang harinya. Walaupun tidak akan seefektif dikala istirahat tidur di malam hari memang. Tapi, setidaknya biarkan tubuh anda untuk beristirahat. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi masakan sehat dan multivitamin yang mau dibahas di poin berikutnya.

Makanan Ala Gaya Hidup Sehat

Semua kuliner memang baik untuk menangani rasa lapar. Namun, tidak semua jenis kuliner baik untuk kesehatan badan. Setidaknya cukupi keperluan mikro dan makro zat gizi tubuh. Caranya yakni dengan mengkonsumsi jenis masakan seperti:Sayuran Hijau : Ada banyak jenis sayuran selain sayuran hijau. Hanya saja, pilihan yang ini lebih baik alasannya adalah memiliki kandungan gizi yang komplit mirip vitamin C, A, K, kalium, zat besi, kalsium hingga asam folat. 

  1. Buah-Buahan : Selain sayuran, anda juga harus menyantap buah-buahan secara rutin. Sebab, buah juga merupakan penyuplaizat gizi terbaik. Tapi, usahakan memakan buah sebelum makan bukan sehabis makan.
  2. Kacang-Kacangan : Siapa di sini yang tidak suka kacang-kacangan? Padahal, ada banyak jenis kacang yang lezat untuk disantap. Bahkan, kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin serta mineral yang diharapkan badan.
  3. Telur dan Daging : Dua jenis materi makanan ini akan menawarkan protein baik bagi tubuh. Khusus untuk daging, carilah yang minim lemak.
  4. Ikan : Sumber protein hewani lainnya selain telur dan daging yakni ikan. Carilah ikan segar biar kesehatan anda tersadar dengan baik.
  5. Susu dan Olahannya : Tidak hanya nikmat namun sehat. Mungkin, inilah kesan pertama ketika memakan susu. Susu elok untuk asupan kalium dan kalsium bagi tubuh. Bahkan banyak olahan susu yang bagus bagi pencernaan anda.

Selain mengenal apa saja jenis kuliner yang seharusnya anda konsumsi. Anda juga perlu tahu jenis kuliner yang seharusnya dikesampingkan selama masa pandemi mirip:

  1. Makanan Mentah : Sangat tidak dianjurkan menyantap makanan mentah dikala pandemi ini. 
  2. Makanan Cepat Saji : Siapa yang tidak suka kuliner cepat saji, ini? Sayangnya, jenis makanan ini tidak baik bagi badan. Bahkan, anda beresiko terserang kanker bila terlalu sering mengkonsumsinya.
  3. Makanan Kemasan : Ini yakni jenis makanan yang lezat untuk dijadikan cemilan. Namun, dikala pandemi kita memerlukan makanan yang bergizi tidak hanya yang berlabel "enak" saja.
  4. Minuman Tinggi Gula : Minuman kemasan atau minuman ras-rasa. Seperti jus yang terlalu elok, teh yang terlalu manis seharusnya disingkirkan dikala ini.

Tetap Aktif

Jangan bersantai hanya alasannya adalah adanya himbauan untuk mempertahankan jarak dan dirumah saja oleh pemerintah, ya! Sebab, social distancing dan stay at home bukan bermakna arahan agar anda bermalas-malasan dan tidak beraktivitas. Justru, jikalau anda bersantai anda akan gampang terjangkit penyakit. Untuk itu, cobalah untuk selalu aktif. Misalnya dengan tetap rutin melakukan pekerjaan rumah mirip menyapu, mengepel, memasak, mencuci dan berolahraga secara terorganisir. Cobalah membiasakan untuk berolahraga sekurang-kurangnya2 kali seminggu agar badan anda lebih sehat dan bugar.

Hindari Stress

Tahukah anda? Stress sungguh besar lengan berkuasa terhadap imunitas tubuh. Sayangnya, di dikala pandemi sekarang ini, seseorang akan jauh lebih mudah menderita atau mengalami stres. Sebab, cemas akan banyak hal menghantui di setiap harinya. Jadi, salah satu teladan hidup sehat yang betul-betul mesti diperhatikan adalah stres. Usahakan anda tetap mempunyai anggapan positif. Jangan terlalu larut dengan pikiran negatif mirip apakah anda akan tertular? Apakah pekerjaan anda akan aman selama pandemi? Jika tertular, bisakah anda kembali sehat? Anda mesti tahu kekuatan pikiran sangat powerful. Makara, cobalah mempertimbangkan hal yang baik-baik saja. Habiskan waktu ini bersama keluarga. Pandemi ini lazimnya akan mengembalikan quality time bareng keluarga yang mungkin sempat hilang alasannya kesibukan masing-masing.

Menjaga Kebersihan

Di dalam protokol kesehatan kita juga akan mendapatkan duduk perkara kebersihan ini. Agar terhindar dari virus berbahaya maka anda mesti lebih jeli mempertahankan kebersihan seperti:

  1. Mengganti pakaian dan mencucinya saat pulang dari kerumunan banyak orang.
  2. Selalu mencuci tangan sampai bersih.
  3. Gunakan hand sanitizer.
  4. Bersihkan selalu rumah secara teratur.
  5. Pastikan makanan yang anda makan dimasak dengan bersih dan matang.

Nah, demikianlah contoh hidup sehat selama era pandemi Covid-19 ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan bila merasa ada tanda-tanda mencurigakan, segera periksakan diri anda, ya!

Posting Komentar